Laman

Pelayanan Anak dan Pemuda

Selamat Datang, Syalom semoga tulisan ini Memberi inspirasi Bagi Pembaca.

Senin, 09 April 2012

TEOLOGI PASTORAL DAN ANALISIS PASTORAL

Refleksi Teologis dan Pelayanan Pastoral
Oleh : Tjaard G.Hommes


Teologi pastoral merupakan salah satu disiplin teologis yang secara prinsip memokuskan perhatiannya pada hal-hal yang pastoral. Hal-hal pastoral mengacu kepada dua hal : pertama, bahwa teologi pastoral itu dan apa yang dilakukan, harapan apakah yang ingin dicapai dan mengapa siapakah yang melaksanakannya, bagaimana pelayanan pastoral itu dilaksanakan dan apakah kriteria dari pelayanan pastoral yang baik. Teologi pastoral merefleksikan dirinya sendiri secara kritis mengenai ciri-ciri tugasnya yang unik, sasaran-sasaran dan cara-cara khusus yang digunakan untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas itu. Tugas teologi pastoral adalah untuk berpikir secara kritis dalam dialog dengan praksis pelayanan pastoral, agar mampu memantau tradisi Kristen dengan lebih seksama sebagaimana tradisi ini terus-menerus mewujud secara baru dalam komunitas orang-orang percaya. Teologi pastoral sebagai refleksi teologis yang dikaitkan dengan pelayanan pastoral. Teologi pastoral dan pelayanan pastoral terjadi interaksi walaupun sering terjadi ketegangan dan saling memengaruhi tetapi terpisah. Fokus teologi pastoral pada tindakan dan operasi yang dilakukan pendeta dan gereja. Teologi pastoral bukanlah psikologi atau sosiologi pastoral bukan pula teori mengenai semua fungsi dan operasi pendeta dan gereja serta bukan pula mata rantai antara disiplin-disiplin dan tindakan-tindakan/fungsi pelayan dan gereja. Teologi pastoral merupakan komitmen gereja dalam mengaktualisasikan diri didlam dunia ini. Teolog pastoral merupakan keahlian melayani, studi tentang praktik pelayanan pastoral, alat menerapkan pemahaman teologis, mengomunikasikan injil dan kebenaran teologis dan refleksi atas pelayanan pastoral gereja. Teologi pastoral adalah satu dari spesialisasi-spesialisasi dalam berefleksi untuk melakukan tugas sebagai teolog. Pengalaman yang didapat dari pelayanan pastoral bertahun-tahun dapat menjadi sekedar pengulangan kata-kata, tindakan atau ide yang dianggap efektif. Teologi pastoral melaksanakan kegiatan kritisnya bagi kepentingan komunitas orang percaya dan dunia disekitarnya. Teologi pastoral sebagai disiplin ilmiah yang konstruktif dan kritis.


Teologi pastoral : pencarian metode hermeneutik

Teologi pastoral bukan sebatas studi mengenai teori dan praktek pelayanan. Teologi pastoral adalah menurut para ahli :
1.      Teologi pastoral adalah untuk menginterpratasikan firman Allah dalam cara yang setia pada injil maupun pada manusia
2.      Teologi pastoral adalah mereinterpretasikan pengalaman kita atau mereinterpretasikan sumber-sumber teologis.
3.      Teologi pastoral membuat jalan dua arah bagi pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban antara iman dan kebudayaan.
Teologi pastoral dipahami sebagai suatu cabang dari teologi yang cocok disebut sebagai studi pastoral atau dipahami sebagai metode didalam berteologi dari perspektif pastoral akan keprihatinan yang bertanggungjawab.

Tidak ada komentar: